Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Hortikultura Cabai Kabupaten Maluku Tengah

Pendampingan pengembangan kawasan pertanian nasional merupakan salah satu program strategis kementerian Pertanian dan merupakan wujud partisipasi terhadap program peningkatan produksi pertanian nasional.

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) memberikan kontribusi dalam pengembangan kawasan melalui introduksi inovasi mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas komoditas pertanian, yang penting dalam implementasi program tersebut, yaitu sebagai penyedia inovasi (teknologi dan kelembagaan) dan diseminasinya ke pengguna/petani. Untuk menjamin terlaksananya penerapan inovasi pertanian pada kawasan tersebut, BPTP Balitbangtan Maluku melakukan pendampingan dan pengawalan penerapan teknologi yang bertujuan memberikan motivasi kepada petani atau kelompoktani (poktan) agar mau dan mampu menerapkan inovasi teknologi yang diintroduksikan dan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan pendapatan.

BPTP MalukuĀ  telah melakukan pendampingan pengembangan kawasan pertanian nasional hortikultura cabai di Kabupaten Maluku Tengah Kecamatan Amahai kelurahan Holo pada kelompoktani Harapan tani. Pendampingan yang telah dilakukan sampai saat ini antara lain : koordinasi kegiatan di Dinas Pertanian Provinsi/Kabupaten/kelurahan, penentuan lokasi kegiatan melalui cpcl, sosoialisasi kegiatan, pembuatan demplot (pengolahan tanah, penanaman dan pemeliharaan) dengan mengintroduksikan teknologi yang dibutuhkan petani kooperator serta melakukan pelatihan dengan materi yang disampaikan tentang teknologi pengendalian OPT dan kelembagaan tani. Dengan demikian, diharapkan bahwa teknologi inovatif yang spesifik lokasi akan dapat menyebar dan diadopsi oleh petani.

Penulis: Maryke J Van Room, Sp, M.Si