Pengendalian OPT dan Pemupukan Pala dengan Teknik Infus Akar

Kegiatan pendampingan perkebunan pala dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 September 2018 di Desa Seith, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah berupa kegiatan pendampingan pemupukan dan pengendalian hama Batocera sp. Kegiatan ini melibatkan 3 petani di 3 lokasi yang berbeda agar informasi teknologi dapat tersebar dengan baik di desa seith. Kegiatan pendampingan juga diarahkan pada kegiatan pengkajian dengan membuat demplot pada 3 lokasi tersebut.
Pemupukan pala dilakukan pada demplot di lahan milik Bapak Kadir, Bapak Usman dan Bapak Dam dengan menerapkan sistem infus akar menggunakan: 1) pupuk organik cair Supermess dengan dosis 20 cc/liter air dan 15 cc /liter air; 2) POC Hantu 20 cc/liter air dan 3) Pupuk Yaramila 200 gr/pohon.
Kegiatan pengkajian pemupukan dilakukan sebanyak 45 pohon. sedangkan untuk kegiatan pengendalian hama Batocera sp sebanyak 11 pohon. Kegiatan pengendalian Batocera menggunakan pestisida nabati (biotris). Cara pengendalian yang digunakan adalah dengan menggunakan sistem infus akar. Biotris diaplikasikan melalui akar agar bahan pestisida nabati dapat diserap oleh akar dan diteruskan keseluruh jaringan tanaman yang dapat mengganggu pola makan hama Batocera sp tersebut.
Untuk mendapatkan hasil dari kegiatan perlakuan pemupukan, sebelumnya petani telah melakukan panen untuk mengetahui produksi buah sebelum dan setelah dilakukan kegiatan pengkajian untuk perlakuan pemupukan dengan beberapa jenis dan dosis pupuk yang digunakan. Rata – rata hasil panen buah pala sebelum perlakuan pemupukan adalah 446 buah untuk 12 pohon sampel.