Pendampingan Demfarm UPSUS SIWAB Kabupaten Maluku Tengah

Salah satu pendampingan UPSUS SIWAB di Kabupaten Maluku Tengah adalah melakukan perbaikan pakan pada ternak-ternak yang dipelihara untuk persiapan bahan Akseptor maupun untuk Pejantan dan pertumbuhan untuk anak sapi. yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 September 2018.
Pakan yang baik akan memberikan hasil yang optimal bagi indukan maupun pejantan. Pakan dengan kualitas yang baik akan menghasilkan ternak dengan kualitas reproduksi yang baik. untuk itu pada lokasi Demfarm, sapi-sapi dipelihara selain diberikan hijauan juga diberikan konsentrat berupa dedak dan feed aditive. ada 3 jenis Feed Aditive yang digunakan adalah Minoxvit, Bioplus Serat dan Bioplus Pedet. Minoxvit berfungsi untuk meningkatkan kuaitas semen Pejantan dan Reproduksi Induk, diberikan sebanyak 10 gram per Ekor/hari. Bioplus Serat berfungsi untuk meningkatkan dan memaksimalkan funsi mikroba didalam rumen untuk mencerna pakan, meningkatkan efisiensi pakan dan bobot badan, diberikan sebanyak 300 gram sekali di awal pemeliharaan. sedangkan Bioplus Pedet berfungsi untuk menyempurnakan sistem rumen sehingga mempercepat pedet untuk mengkonsumsi pakan berserat dan peningkatan pertumbuhan bobor badan pedet, diberikan sekali di awal proses penyapihan sebanyak 250 gram/ekor.
Dalam rangka menunjang perbaikan managemen pakan, maka dilakukan penanaman HMT berupa Legum Lamtoro Taramba dan Indogofera. Jarak Tanam Lamtoro Taramba 1 m x 2 m dan Jarak Tanam Indogofera 2 m x 3 m.