Penandatanganan Dokumen Pendaftaran Varietas Lokal Tanaman Spesifik Lokasi

Keanekaragaman hayati di Maluku sebagai Sumberdaya Genetik spesifik lokasi sangat banyak. Upaya perlindungan keanekaragaman hayati sebagai SDG yang berkelanjutan dapat diwujudkan melalui kegiatan pendaftaran varietas tanaman. Sesuai amanat UU Nomor 29 Tahun 2000 tentang perlindungan Varietas Tanaman (pasal 7) yang menyatakan bahwa varietas lokal dikuasai oleh Negara dan pemerintah wajib memberikan penamaan dan pendaftaran varietas lokal.
Untuk mendorong peningkatan pendaftaran varietas khususnya varietas lokal, maka Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian bekerjasama dengan BBP2TP Bogor. Kegiatan pada tahun 2018 dilaksanakan di seluruh provinsi dengan melibatkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanain (BPTP) seluruh Indonesia termasuk Maluku, untuk segera melakukan pendaftaran varietas lokal yang ada didaerah masing-masing.
Sabtu, 29 September 2018 Tim Pendaftaran Varietas Sumberdaya Genetik Spesifik Lokasi BPTP Maluku bertolak ke Seram Bagian Barat (SBB) untuk melakukan pendaftaran beberapa varietas lokal tanaman yang menjadi tanaman spesifik Kabupaten tersebut untuk segera ditandatangani oleh Bupati Kab. SBB (Drs Muhamad Yasin Payapo M.Pd). Tanaman tersebut antara lain :
1. Sagu Ihur daun sempit
2. Sagu Ihur daun lebar
3. Sagu Tuni duri hitam
4. Sagu Tuni duri kuning
5. Sagu Makanaru
6. Pohon kayu putih
7. Pohon Aren

Bapak Bupati Drs. M. Yain Payapo M.Pd, sagat berterima kasih kepada Tim SDG BPTP Maluku yang membantu dalam mengidentifikasikan tanaman spesifik lokasi di kabupaten Seram Bagian Barat. Beliau berharap Tim SDG BPTP Maluku untuk tahun kedepan bisa melihat SDG yang belum didaftarkan mohon untuk didaftarkan.
Tahun ini baru 7 varietas lokal yg didaftar, siapa tahu tahun depan Kab. SBB dapat mendaftarkan lebih banyak lagi sumberdaya hayati tanaman sebagai SDG spesifik lokasi…semoga.