Pengembalian Batas dan Koordinasi dengan Bapak Bupati Kabupaten Maluku Tengah Terkait lahan Kebun Percobaan (KP) Makariki

Kepala BPTP Maluku (Bapak. Dr. Ir. Yusuf, MP) dan Kepala KP Makariki (Bapak La Dahamarudin, SP, M.Si) pada tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2018, bersama dengan BPN Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan pengukuran pengembalian batas (ukur ulang) lahan tanah KP Makariki di Maluku Tengah. Luas lahan KP Makariki tercatat dalam sertifikat 307 ha. Namun karena abrasi kali (pengikisan tiap tahun) sehingga diduga luas lahan tersebut di atas mengalami penurunan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran ulang. Berita acara hasil pengukuran ulang tersebut akan diselesaikan dalam satu pekan ke depan.
Pada saat yang sama kami melakukan koordinasi dengan Bapak Bupati Maluku Tengah terkait permohonan Hibah Tanah KP Makariki 11 ha utk pembangunan Sekolah Politeknik Negeri Masohi di lahan KP Makariki. Proses hibah ini masih dalam tahap penyelesaian di pusat, namun sambil berjalan kami berharap hubungan koordinasi dan kerjasama dengan Pemda Maluku Tengah dapat lebih ditingkatkan. Hibah ini tidak mengganggu tupoksi BPTP Balitbangtan Maluku. Kami mengharapkan dukungan Bapak Bupati agar pemukiman yang saat ini berlokasi di dalam lahan KP Makariki (307 ha) dan aktivitas lain yang masih ada di dalam lahan KP agar dipindahkan atau digeser keluar area lahan BPTP Maluku. Disamping itu kami juga memohon dukungan beliau agar proses Eksekusi kembali lahan tanah KP Makariki yang berdasarkan Hasil PK dikabulkan agar secepatnya dilaksanakan. Hasil koordinasi tersebut Bapak Bupati Maluku Tengah siap mendukung dan akan ikut berpartisipasi dalam batas kewenangan beliau.
Sementara hasil kunjungan ke PN Masohi terkait proses percepatan eksekusi kembali Lahan KP Makariki karena Ketua PN dan Panitera tidak berada di tempat sehingga akan dilaksanakan pada beberapa hari kedepan.