Benih Bawang Merah Balitsa menuju Maluku Tenggara dalam Upaya Pengembangan Kawasan

Upaya pengembangan Bawang Merah di Maluku Tenggara terus dilakukan. Salah satu kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah Dinas Pertanian Kab Maluku Tenggara dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku adalah pengadaan varietas unggul bawang merah yang akan didatangkan dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran sebanyak 2.5 Ton pada Bulan November.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung upaya pengembangan pemerintah melakukan tanam bawang merah pada off season, yakni Bulan November. Bulan November merupakan awal musim penghujan sehingga ketersediaan air cukup tetap tidak melimpah. Curah hujan yang tinggi juga tidak baik bagi perkembangan bawang merah.

Melalui kunjungan Kepala BPTP Maluku di Kab Maluku Tenggara dan Kota Tual, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Maluku Tenggara berharap teknologi dari BPTP Maluku dapat membantu perkembangan budidaya bawang merah secara organik dengan minimalisasi penggunaan pupuk dan pestisida.

Tidak berbeda dengan Maluku Tenggara, Kota Tual juga menjalin kerjasama dalam pengembangan komoditas daerah seperti bawang merah, cabai, jagung, dan singkong. Khusus komoditas singkong akan dilakukan upaya perbaikan benih dengan melakukan koordinasi dengan Balitkabi sebagai balai penelitian tanaman aneka kacang dan umbi.

Akhir dari kunjungan kedua tempat tersebut, diperoleh perencanaan kerjasama atau MoU antara BPTP Maluku dengan kedua pemerintah daerah di Tahun 2019. BPTP Maluku bersedia dan bertanjung jawab terhadap pendampingan teknologi pertanian bagi petani/poktan dan penyuluh lapangan/PPL sesuai bidang kepakaran yang ada di BPTP – Maluku.