SANITASI PADA TERNAK RUMINANSIA DAN MANFAATNYA

Sanitasi merupakan sebuah program kebersihan yang bertujuan untuk mencegah masuk dan perpindahan bibit penyakit yang menyerang ternak. Cara yang dilakukan biasanya adalah pengasapan dan penyemprotan. Biasanya, sanitasi wajib dilakukan sebelum hewan ternak masuk ke dalam kandang baru. Tujuannya adalah untuk mematikan bibit-bibit penyakit yang ada di dalam kandang baru tersebut.

Saat ini, standar manajemen peternakan mensyaratkan sanitasi sebagai sebuah kewajiban. Peraturan yang berlaku dari pemerintah pun juga mengharuskan para peternak untuk melakukan sanitasi. Perusahaan juga pastinya mengharuskan sanitasi untuk menjaga kualitas produk mereka.

Semua standar dan peraturan yang berlaku terkait dengan sanitasi didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan produk ternak yang higienis agar kandungan gizi di dalamnya terjaga dan dapat sepenuhnya dirasakan oleh tubuh, baik itu produk daging atau susu. Belum lagi, sanitasi juga mengurangi risiko penyakit pada masyarakat yang disebabkan oleh kontaminasi mikroorganisme pada produk ternak yang dikonsumsi. Apalagi, kontaminasi mikroorganisme dapat terjadi di semua titik proses produksi.

Cara Melakukan Sanitasi Kandang

Berikut ini adalah panduan singkat sanitasi kandang ternak ruminansia yang biasanya dilakukan oleh para peternak.

1.      Menyiram lantai kandang dengan teratur dan menggunakan desinfektan untuk membasmi mikroorganisme, baik itu kuman maupun bakteri, dari dalam kandang.

2.      Membersihkan kandang dari pencemaran kotoran secara teratur, terutama untuk ternak sapi perah. Hal ini dikarenakan sifat susu yang bisa dengan mudah menghisap aroma di sekitar ternak.

3.      Bersihkan wadah pakan dan minum ternak setiap hari. Hal ini penting karena ternak, terutama sapi, tidak suka jika ada makanan sisa yang kotor dan beraroma tak sedap di wadah pakan mereka.

4.      Menjaga kebersihan hewan ternak ruminansia dengan membersihkan kandang dari kotoran sesering mungkin, minimal dua kali sehari.

5.      Kurangi risiko menempelnya kotoran pada ambing sapi perah dengan memotong bulu di ambing yang panjang. Selain itu, cuci puting sapi perah dengan larutan sanitasi hangat sebelum pemerahan dilakukan untuk ambing yang bersih. Dengan begitu, susu yang dihasilkan pun tak kalah bersih. Keringkan puting dengan lap kering dan bersih, dan gunakan saringan atau filter untuk menyaring susu. Lakukan proses penyaringan di ruangan yang bersih

Manfaat Sanitasi pada Ternak Ruminansia untuk Peternak

Pastinya, sanitasi memiliki berbagai keuntungan bukan hanya bagi masyarakat yang mengonsumsi produk ternak, tapi juga bagi para peternak. Di antara berbagai manfaat sanitasi pada ternak ruminansia, beberapa manfaat utamanya adalah sebagai berikut.

·        Mencegah serangan penyakit pada hewan ternak.

·        Menekan biaya pengobatan hewan ternak.

·        Menjaga kesehatan hewan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

·        Meningkatkan nafsu makan ternak, sehingga berat badannya selalu terjaga (tidak kurus).

·        Kualitas daging dan/atau susu selalu terjaga karena terbebas dari kontaminasi mikroorganisme.

·        Kondisi kandang dan lingkungan kerja yang bersih dan nyaman bagi peternak.