Monev Program Upsus Siwab Tahun 2019

Pada tanggal 30 Juli – 02 Agustus 2019 Tim monitoring evaluasi melakukan penilaian terhadap pencapaian kegiatan program Siwab yang bertempat di 3 (tiga) Kabupaten di Provinsi Maluku yakni Kabupaten  Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).  

Kegiatan Monev  di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan tujuan  terkait pelaporan Upsus Siwab (Data IB, Data PKb dan Data Kelahiran) melalui aplikasi Ikshinas dan pertemuan para petugas Inseminator, PKb, ART dan Petugas dinas Peternakan Kab. Seram Bagian Barat. Kegiatan Diskusi dilaksanakan dengan pelaksanaan IB, Keterlambatan Data dan permasalahan-permasalahan yang ditemui petugas selama melaksanakan tugas di lapangan. Apresiasi diberikan kepada Kab. Seram Bagian Barat karena sampai semester I sudah dapat merealisasikan target yang diberikan untuk target IB, PKb dan ART. Dalam pertemuan tersebut diberikan bantuan berupa benih bibit Indigofera, Ketelpak dan Topi Lapangan yang bertuliskan Upsus Siwab.

Kegiatan Monev berlanjut ke Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Bapak Syakir Latuconsina yang didampingi Kepala Bidang Produksi dan Kesehatan Hewan Bapak Ir. A. M. Kibas. Pada kesempatan yang sama diberikan bantuan beberapa macam obat-obatan untuk kesehatan ternak sapi yakni Obat Vitamin dan Antibiotik serta bneih Indigofera. Selain melakukan pertemuan dengan petugas lapangan (Inseminator, PKb dan ART) dengan tujuan terkait pelaporan data Siwab melalui Aplikasi Ikshinas dan Kabupaten Maluku Tengah merupakan salah satu kabupaten yang giat melaporkan kegiatan dilapangan melalui WhatApps dan mendapatkan respon yang baik.

Monev terakhir di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan beberapa petugas lapangan. Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan kabupaten yang bermasalah terkait pelaporan data IB, PKb dan Kelahiran melalui aplikasi Iskhinas ke pusat. Diberikan juga bantuan benih Indogofera untuk pengembangan pakan ternak dan Tim melakukan peninjauan ke lapangan.