GELIAT PANEN OPAL DI LAHAN PERKANTORAN BPTP MALUKU

Kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) merupakan salah satu kegiatan ikon Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk pemanfaatan lahan perkantoran sebagai penyedia pangan dan sebagai percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan.
BPTP Maluku mulai TA 2019 melaksanakan program OPAL yang terintegrasi dengan kegiatan Tagrimart dan KRPL. OPAL memanfaatkan pekarangan/emplasemen kantor untuk ditanami sayuran seperti cabai, tomat, terung, sawi, bayam, dll.
Sabtu, 17 Agustus 2019 setelah selesai Upacara Bendera, beberapa peserta upacara tertarik melakukan Panen dan membeli hasil panen melalui Tagrimart. Panen Perdana dilakukan oleh Kepala BPTP Maluku (Dr. Ir. Abd. Gaffar. M.Si).
Melalui OPAL diharapkan gerakannya lebih masif dan memberikan dampak langsung kepada masyarakat maupun penyediaan pangan nasional, meningkatnya kesejahteraan, diharapkan konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam, bergizi seimbang dan aman.
Keunggulan hasil panen OPAL yang dikelola oleh para peneliti/penyuluh/teknisi BPTP Maluku aman dikonsumsi segar karena tidak menggunakan pupuk anorganik dan pestisida sintetis (AWH)