Pendataan Lahan Sawah Melalui Aplikasi ArcGIS

Kementerian Pertanian menggelar pelatihan pemetaan luas lahan baku sawah melalui aplikasi ArcGIS sebagai upaya mencapai ekspor tanaman pangan yang diikuti oleh seluruh unit kerja lingkup Kementerian Pertanian termasuk Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku.

Pelatihan aplikasi tersebut dilaksanakan pada 8 September 2019 di Botani Square-Bogor, Jawa Barat dan dibuka oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Bapak Suwandi dengan tujuan pelaksanaan Pelatihan cara pengambilan data Luas Lahan Baku di tiap Provinsi yang secara tercatat pada Badan Pertanahan Nasional berlainan Data dengan Data BPS secara Nasional harus diverifikasi.

Aplikasi ArcGIS telah dilengkapi peta lahan baku sawah ATR/ BPN 2018 dan peta lokasi Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS) serta dapat melakukan tracking area lahan sawah sehingga dapat mempermudah verifikasi di lapangan. Diharapkan dengan pemetaan terhadap luas lahan sawah ini dapat mempermudah penghitungan dan analisis tanam yang akan berdampak pada perkiraan produksi. Hal ini sangat membantu dalam pengambilan kebijakan peningkatan produksi untuk mendukung ekspor Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan Operasional Pendataan Lahan sawah seluruh Provinsi harus tercatat pada data Pusdatin; Gerakan percepatan Tanam UPSUS Pajale di Bulan September 2019 dan penjelasan Asuransi Pertanian bagi Petani Tanaman Hortikultura, Perkebunan dan Petani Peternak.