Pelaksanaan UPSUS PAJALE di Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Pendampingan dan pengawalan teknologi UPSUS Pajale dilaksanakan oleh Peneliti/Penyuluh BPTP Maluku yang dibantu oleh PPL dalam kegiatan UPSUS guna meningkatkan penerapan teknologi dan mengakaji ulang masalah dan kendala yang terjadi di tingkat petani terkait upaya peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai.

Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)
Hasil Koordinasi UPSUS PJK (Padi,dan Jagung) dilakukan di Kabupaten Seram Bagian Barat bersama SP Data Kepala Seksi Tanaman Pangan dan Hotikultura Dinas Pertanian SBB, menyangkut data LTT Bulan Agustus 2019 untuk tanaman Padi Sawah. Pertemuan dan koordinasi dengan kepala BPP Kairatu tujuan : Verifikasi data LTT dan dan Pengawalan LTT Padi sawah pada MT II untuk Desa Waimital dan Waihatu Kecamatan Kairatu; Koordinasi Bersama Kepala BPP Kairatu Barat dalam rangka LTT Upsus Padi sawah untuk MT II di Perkirakan Bulan Oktober 2019 dan Kecamatan Seram Barat untuk LTT di perkirakan bulan September – Oktober 2019.
Pengawalan Tanam Padi MT II secara Tabela dan Tapin dilaksanakan di Kecamatan Kairatu
Luas Lahan Baku Sawah di Kabupaten Seram Bagian Barat berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Maluku adalah 1.107 Ha dan lahan tersebut telah dibagi menjadi lahan sawah dan Hortikultura sayur dan buah. Sementara bantuan benih Jagung untuk Kabupaten Seram Bagian Barat akan ditanam pada bulan Oktober – Desember 2019 bertempat di 4 kecamatan.

Kabupaten Seram Bagin Timur (SBT)
Tujuan melakukan koordinasi untuk melakukan verifikasi dara LTT padi sawah, padi gogo dan Jagung. Kendala utama tidak tercapainya taret yang sudah ditentukan adalah kemarau yang terjadi beberapa bulan ini. jauhnya realisasi tanam dari target dari yang sudah ditentukan merupakan kenyataan di Lapangan yang tidak bisa dihindari karena adanya factor alam/ iklim. Keringnya sumber-sumber air tidak mampu menyediakan air saat akan dilakukan penanaman padi oleh petani.

Diharapkan Pengawalan UPSUS Pajale yang dilakukan oleh Dinas Pertanian di Kabupaten selalu berkoordinasi dengan BPTP sebagai Penanggung Jawab Upsus Maluku dan perkembangan Data LTT dapat di laporkan ke pusat.

Tanam Padi MT II Secara Tabela
Tanam Padi MT II secara Tapin
Kondisi Lahan Kering