Asah Keterampilan, Siswa SMK Negeri 6 Buru Praktek tentang Pemupukan

Prakerin (Praktik Kerja Industri) yang kerap disebut magang merupakan bagian dari proses pendidikan untuk mempersiapkan siswa dan siswi SMK dalam memasuki dunia kerja. BPTP Maluku selama 1 tahun terakhir telah menjadi salah satu institusi yang menjalin kerjasama dengan pihak sekolah sebagai lokasi magang bagi siswanya untuk memperdalam ilmu-ilmu di bidang pertanian. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan meliputi pemberian materi di dalam kelas untuk memberikan informasi teknologi baru, serta praktik langsung di lapangan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa. Hal ini akan dilakukan selama proses kegiatan magang demi meningkatkan keterampilan dan diharapkan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat setelah masa magang berakhir serta bisa diterapkan di SMK Negeri 6 Buru.

Rabu, 2 Oktober 2019, Sebanyak 9 orang siswa Prakerin SMK Negeri 6 Buru mendapatkan materi tentang Pemupukan Pada Tanaman dengan Narasumber Ir. Hamid Mahu.

Dijelaskan oleh Ir Hamid Mahu bahwa Pupuk merupakan unsur penting yang harus selalu ada dalam pertanian. Pupuk adalah bahan yang memberikan zat makanan (hara) kepada tanaman. Penentuan dosis unsur hara yang tepat oleh petani dipengaruhi oleh pengetahuannya terhadap kebutuhan unsur hara tanaman melalui rekomendasi pemupukan spesifik lokasi.  Pemupukan merupakan proses untuk memperbaiki atau memberikan tambahan unsur-unsur hara pada  tanah, baik secara langsung atau tak langsung agar dapat memenuhi kebutuhan bahan makanan pada tanaman.

Tujuan dilakukan pemupukan antara lain untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, memberikan nutrisi untuk tanaman, dan memperbaiki kualitas serta kuantitas tanaman. Selain itu, proses pemupukan sangat berperan dalam memastikan keberhasilan produksi tanaman tersebut. Dengan demikian, dijelaskan pula kepada siswa prakerin jenis-jenis pupuk dan proses penyerapan pupuk tersebut, Bagaimana meningkatkan produktivitas tanaman,  dan Teknik Aplikasi Pupuk, kelebihan dan kekurangan pupuk, Unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman yakni Unsur hara Makro dan  Mikro. Setelah belajar di kelas siswa melakukan praktek membuat pupuk kompos dengan menggunakan EM4 dan Mol Nasi Basi.

Oleh: Ir. Hamid Mahu