Workshop Evaluasi Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal tahun 2019, BBP2TP beserta PPVTPP melakukan kerjasama untuk melaksanakan Workshop Evaluasi Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal yang dilaksanakan mulai tanggal 3-5 Oktober 2019, di Surabaya. Hadir pada acara tersebut Kapus PPVTPP Dr Erizal Jamal, Kepala BBP2TP yang diwakili oleh Dr. Agus Muharam, dan Kepala BB Biogen (Dr. Mastur).

Acara dibuka oleh Kapus PPVTPP. Kapus menyatakan bahwa Workshop ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kerjasama PPVTPP  dengan BBP2TP yang telah berjalan sejak tahun 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan identifikasi, karakterisasi Sumber Daya Genetik  tanaman/varietas lokal serta perkembangan kegiatan Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal di tahun 2019  yang telah dilakukan oleh masing-masing BPTP dan  diharapkan setelah pendaftaran varietas akan diarahkan kepada pemanfaatan berupa perbanyakan atau industri di hilir.

Beberapa materi disampaikan seperti Pendaftaran online varietas tanaman, pengelolaan dan pemanfaatan SDG serta akan ada presentasi yang dibawakan oleh seluruh penanggung jawab kegiatan di masing-masing daerah untuk menjelaskan perkembangan dan kendala apa yang saat ini sedang dialami.

BPTP Maluku menghadirkan Peneliti senior Ibu Ir. Marietje Pesireron, MP sebagai perwakilan dan sekaligus penanggung jawab kegiatan ini.  BPTP Maluku mendapat apresiasi dari KAPUS PPVTPP karena sudah mendaftarkan 15 aksesi Ubi dan Gembili Lokal Kabupaten Kepulauan Tanimbar secara online yang cukup menonjol dibandingkan instansi lainnya.