MASA DEPAN PERTANIAN MALUKU DI TANGAN KAUM MELENIAL

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku terus membuktikan komitmennya dalam mencetak petani-petani muda di segala penjuru di Provinsi Maluku, termasuk di Kabupaten Maluku Tengah. Keseriusan BPTP Maluku mencetak petani dari generasi milenial diwujudkan dengan melaksanakan koordinasi dengan PPL dan Kelompok Tani terkait kesiapan pertemuan untuk melakukan idetifikasi dan motivasi Petani Milenial.

Pertemuan dengan remaja kelompok tani dengan jumlah peserta 15 orang mengikuti program petani millenial dilaksanakan di rumah Ketua kelompok Tani Kooperator Bpk.Rustam Yunus pada tanggal 6 Oktober 2019. Kepala BPTP Maluku Dr. Ir. Abd. Gaffar, M.Si memberikan arahan serta motivasi dalam pertemuan dimaksud, beliau menjelaskan bahwa Generasi muda atau saat ini bisa disebut pemuda milenial menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan. Selain itu dijelaskan pula bahwa BPTP Maluku siap membantu memberikan inovasi teknologi dari Badan Litbang Pertanian kepada kaum Milenial.  Estafet petani selanjutnya adalah pada pundak generasi muda, mereka mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha pertanian.

Semangat milineal yang dianggap fasih mengadopsi teknologi dalam beragam aspek bisnis akan membawa pembaruan dalam pembangunan pertanian kedepan. pembeda petani muda dibandingkan para petani berusia tua adalah kemampuan mereka dalam berinovasi dan menggunakan teknologi.  Semangat kaum milenial ini untuk membangun pertanian dapat membuat Indonesia menjadi Lumbung Pangan 2045.