BPTP Maluku Gelar Seminar Proposal TA 2020

Bertempat di Ruang Rapat B BPTP Maluku dilaksanakan Seminar Proposal Pengkajian, Diseminasi dan Manajemen TA 2020. Seminar ini merupakan kegiatan rutin tahunan dimana momen ini menjadi wadah penyampaian rencana kegiatan Balai untuk mewujudkan manajemen, pengkajian, perakitan, pengembangan dan diseminasi teknologi pertanian yang tepat guna spesifik lokasi. Acara dibuka langsung oleh Kepala BPTP Maluku Dr. Ir. Abd. Gaffar. M.Si  dan dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut pada 21 – 23 Januari 2020 dan dihadiri seluruh pegawai BPTP Maluku, Tenaga Kontrak dan Tenaga UHL.

Dalam acara Pembukaan Dr. Gaffar menyampaikan harapannya agar peserta dapat mengikuti seminar ini dengan baik dan ada beberapa point penting yang disampaikan antara lain :  a) memiliki kegiatan yang bisa diunggulkan seperti Ayam KUB yang akan dijadikan Show Window. b) Memiliki Tim Kerja yang profesional dengan basic kepakaran sesuai bidang ilmu dan berperan aktif dengan tupoksi masing-masing. c) BPTP Maluku perlu mempersiapkan Tim Evaluator yang akan memberikan masukan serta arahan untuk meningkatkan kinerja balai. Kedepan untuk seminar Badan Litbang Pertanian harus bersifat kompetitf dan Berbasis ORKAM dan tak lupa juga Kepala Balai mengingatkan kembali mengenai Program Kementerian Pertanian seperti Kostra Tani, Gratieks dll, Opal dan Tagrimart harus dilengkapi dengan Tanaman Obat-obatan.

Ditambahkan pula bahwa Kegiatan Pengkajian dititik  beratkan pada rancangan percobaan  dan Diseminasi dengan anggaran yang cukup besar, maka data-data produksi dapat dilihat sejauh mana umpan balik dari masyarakat dan kecenderungan masyarakat merespon kegiatan diseminasi dengan teknologi yang telah diterapkan. Kepala Balai menekankan kepada Peneliti dan Penyuluh BPTP Maluku bahwa dari hasil kegiatan tersebut, baik peneliti maupun penyuluh dapat mengolahnya menjadi bahan publikasi (KTI)  yang informatif dan bermanfaat untuk masyarakat dan petani sehingga  kedepannya mendapatkan output yang dapat memenuhi baik target Balitbangtan ataupun target capaian kinerja pribadi dan pembuatan Laporan harus berkualitas dan kuantitas.