Semangat Pemberdayaan Kebun Percobaan (KP Makariki) Tahun 2020

Kebun Percobaan (KP) Makariki atau IP2TP Makariki milik Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku yang merupakan salah satu asset Badan Litbang Pertanian yang potensial untuk mendukung  peningkatan kinerja UPT dan berperan penting sebagai wahana menvisualisasikan kiprah penelitian dan menyebarluaskan keunggulan teknologi spesifik lokasi kepada pengguna.

Mengawali tahun 2020 tanggal 28 Januari, Kepala KP La Dahamarudin, SP, M.Si beserta Teknisi Kebun Percobaan (KP) Makariki atau IP2TP di Kabupaten Maluku Tengah dengan semangat melaksanakan Pemberdayaan KP Makariki antara lain Pengolahan Lahan untuk Penanaman Jagung dan Penanaman Kacang Tanah.

Pengolahan lahan untuk persiapan penanaman jagung hibrida NASA 29. Pengolahan tanah merupakan tindakan yang penting untuk menciptakan kondisi media perakaran yang mampu mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal. Tanah berfungsi sebagai wahana (media) dimana air, udara,hara dan energi ditranslokasikan ke biji dan tanaman itu sendiri, oleh karena itu sifat-sifat tanah yang mempengaruhi penyimpanan dan translokasi parameter tersebut memainkan peran sangat penting.

Pengolahan Lahan untuk persiapan Penanaman Jagung Hibrida Nasa 29 dilakukan secara Rotari. DimanaBajak rotari dilengkapi dengan komponen pemutar yang dapat langsung menghancurkan dan meratakan tanah. Namum demikian, kedalaman olah bajak rotari dangkal sehingga lebih cocok digunakan untuk mengolah tanah bertekstur ringan.

Penanaman kacang tanah varietas lokal seluas 0,2 hektar, diawali dengan Penyiapan lahan 1 minggu sebelum tanam dengan sistem olah tanah sempurna yang dilakukan dengan bajak, cangkul, traktor, sampai lahan siap ditanam. Setelah penyiapan lahan maka  dilakukan penanaman Kacang Tanah varietas  Lokal secara tugal dengan jarak tanam 20 cm x 20 cm.

Kebun Percobaan dalam melaksanakan fungsinya memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan litkaji maupun kegiatan diseminasi hasil-hasil litkaji serta menjalankan fungsi produksi, show window hasil-hasil litkaji, dan sebagai tempat agrowisata serta mampu mengoptimalkan lahan pertanian. Sehingga kebun percobaan, menjadi contoh dalam membangun pertanian 4.0. Dengan demikian, sektor pertanian Indonesia akan semakin maju dan menjadi lumbung pangan dunia semakin optimis diwujudkan.