Penyuluh BPTP Maluku Lakukan Koordinasi Kegiatan Temu Tugas

Penyuluh BPTP Maluku (Aksan Loou, SP. M.Si) melaksanakan koordinasi ke Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Maluku Tengah dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kota Masohi, BPP Watludan/TNS, BPP Amahai/Holo dan BPP Elpa Putih di Kabupaten Maluku Tengah selama 3 hari yakni tanggal 06 – 08 Februari 2020.  

Koordinasi dilaksanakan dalam rangka rencana pelaksanaan Temu Tugas Peneliti dan Penyuluh Balitbangtan dan Penyuluh daerah mendukung Kostratani pada bulan Februari yang bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi BPP terkait Informasi Kelompok Tani, Metode Penyuluhan dan media yang digunakan, Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah serta permasalahan lain yang ditemui di lapangan. Selain itu juga dibicarakan tentang stategi penyuluh BPTP dan penyuluh kabupaten terkait dengan perannya dalam mendampingi kegiatan yang mendukung program Kostrani.

Kesepakatan hasil koordinasi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Maluku Tengah ditetapkan BPP Watludan sebagai tempat pelaksanaan Kegiatan Temu Tugas dengan potensi komoditas unggulan di BPP adaah Komoditi Jagung dan Ubi Jalar. Narasumber berasal dari Peneliti dan Penyuluh BPTP Maluku dengan materi adalah Teknologi Budidaya Tanaman Jagung hingga proses pasca panen.

Diharapkan kedepan lebih terjalin kerjasama yang baik dalam melakukan pembinaan dan pendampingan teknologi inovasi pertanian pada pelaku utama dan pelaku usaha yang berbasis kawasan dengan pendekatan pertanian koorporasi.

Harapannya dengan adanya kegiatan Temu Tugas Peneliti Penyuluh Balitbangtan dengan Penyuluh di Kabupaten Maluku Tengah dalam mendukung program Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Konstratani), apa yang dibutuhkan petani dilapang akan bisa segera ditindaklanjuti oleh stakeholder terkait dan menjadikan petani yang semakin Maju dan sejahtera