Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Kisah Sukses KRPL Desa Soahuku (KOMIK)

Dinamika OPT di Maluku

No images

Highlight

banner9
banner
banner7

Digital Online

Statistik

Anggota : 4
Konten : 320
Jumlah Kunjungan Konten : 279737

Kalender Kegiatan

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday41
mod_vvisit_counterYesterday246
mod_vvisit_counterThis week1034
mod_vvisit_counterThis month1297
mod_vvisit_counterAll45308


Kunjungan Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Ibu Dr.Ir.Sri Widowati, MApp.Sc di Lokasi KRPL Desa Hunut Kecamatan Baguala Provinsi Maluku PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 29 Juni 2012 10:26
Peningkatan ketahan pangan merupakan prioritas utama dalam pembangunan karena pangan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia. Ketahanan pangan diartikan sebagai tersediannya pangan dalam jumlah yang cukup, terdistribusi dengan harga terjangkau dan aman dikonsumsi oleh setiap warga untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari per kapita.

Pangan yang terpenting disini adalah pemenuhan kebutuhan terutama akan sayur-sayuran, buah–buahan, tanaman rempah dan obat dan lain sebagainya, Dalam pemanfataanya selain dilahan dalam bentuk bedengan juga digunakan polybag, paralon secara vertikultur untuk pekarangan.

Dalam upaya mendukung kemandirian pangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku telah melakukan kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di Negeri/Desa Hunut, Kecamatan Baguala, Provinsi Maluku dan 1 (satu) unit Model percontohan RPL di lingkungan kantor Desa Hunuth sebagai display/miniatur implementasi penerapan model KRPL dengan beberapa strata. Tujuan dari pengembangan rumah pangan adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, mengembangkan ekonomi produktif dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. Sasaran kegiatan adalah berkembangnya usaha produksi dan pengolahan produk di pedesaan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan ekonomi masyarakat.

Pada hari Juma’at tanggal 29 Juni 2012, Ibu Dr.Ir.Sri Widowati, MApp.Sc di Lokasi KRPL Desa Hunut Kecamatan Baguala Provinsi Maluku melakukan peninjaun lokasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Dalam arahannya .Dr.Ir.Widowati, MAPP.Sc menyampaikan pemanfaatan lahan pekarangan perlu ditingkatkan keberadaanya termasuk pembinaan kelompok-kelompok tani di masyarakat supaya bisa dengan sendirinya akan manfaat teknologi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di pekarangan rumah masing-masing.


Dr. Ir. Sri Widowati, MApp.Sc dan Peneliti BPTP Maluku


Kepala Desa Hunuth
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Helena Tarumaselly

Joomla Templates by JoomlaVision.com