• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • (0911) 322664

Penyebaran Informasi Teknologi Melalui Temu Lapang Panen Padi di Desa Loping Mulyo Kabupaten Maluku Tengah

Dalam rangka meningkatkan produksi dan produkivitas padi serta mendukung program swasembada beras maka dilakukanlah demarea padi sawah. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Loping Mulyo Kecamatan Seram Utara Timur Seti Kabupaten Maluku Tengah dari bulan April – Oktober 2016 seluas 25 Ha dengan 25 orang petani kooperator. Varietas yang digunakan adalah Inpari 30.

Untuk mendisemimasikan dan menyebarluaskan hasil kegiatan demarea ini maka dilakukan Temu Lapang Panen Padi di desa Loping Mulyo Kecamatan Seram Utara Timur Seti yang dihadiri oleh Camat, Kepala BP3K, kepala Desa Loping Mulyo, Babinsa, Statistik, tim supervisi kecamatan, PPL, POPT, dan petani kooperator kelompoktani surya tani.
Ubinan dilakukan dengan luas 3 m x 2 m dengan 2 sampel ubinan. Dari ubinan yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata ubinan 3,6 kg atau 6,00 ton/ha GKP.

Dalam sambutannya, yang mewakili Kepala BPTP Maluku menyatakan bahwa kegiatan demarea padi ini merupakan salah satu dukungan Badan Litbang Pertanian dalam usaha meningkatkan produksi padi, Kegiatan demarea ini dapat berjalan dengan baik dan hasil yang dicapai belum sesuai dengan potensi hasil dari varietas inpari 30 yaitu 9,6 t GKG, masih dibawah rata-rata potensi hasil karena ada beberapa kendala/permasalahan yang dihadapi petani kooperator pada saat penanaman, pertumbuhan dan perkembangan tanaman, antara lain : Air/irigasi/saluran tertutup sedimen; Terserang Hama dan penyakit (penyakit blast, hama penggerek batang dan tikus); Sistem tanamnya jarwo, tapi tidak memakai sisipan/pagar karena biaya tenaga kerja yang tinggi; Ketersediaan pupuk terbatas; Perubahan iklim yang tidak menentu.
Selanjutnya dikatakan juga bahwa, perjuangan untuk mencapai hasil yang tinggi masih terbuka lebar tergantung kemauan dan kemampuan untuk dapat menerima, melakukan, menerapkan dan menyebarluaskan teknologi yang tersedia. Kita harus terus dipacu dan berpacu dalam setiap perkembangan teknologi yang ada. Itu merupakan pesan yang disampaikan untuk dilakukan oleh para petani di desa loping mulyo. Ayo maju terus…….. untuk mencapai swasembada pangan.
By : Maryke J Van Room, SP. MSi