• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • (0911) 322664

Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun 2016 Tingkat Wilayah UAPPA/B-W Provinsi Maluku

 

Sehubungan dengan Verifikasi dan Review Penyusunan Laporan Keuangan, pada hari Senin (30/01/17), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Maluku, selaku sekretariat di wilayah Provinsi Maluku menyelenggarakan kegiatan Konsolidasi Semester II Tahun 2016 Tingkat Wilayah UAPPA/B-W Provinsi Maluku bertempat di Hotel Pacific Ambon. Acara berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 30 Januari - 3 Februari 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Maluku, Dr. Ir Yusuf, MP, Tim Review dari Itjen Kementan yang diketuai oleh Drh. Retno Rastrani, Kasubbag Akuntansi dan Verifikasi Ditjen Tanaman Pangan, Bapak Ugi Sugiharto, SIP, MM yang mewakili Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementan, yang berhalangan hadir, para peserta dan operator penyusunan laporan keuangan dari 30 satuan kerja (satker), dihadiri juga oleh segenap pejabat struktural BPTP Balitbangtan Maluku.

Dalam Sambutannya Kepala BPTP Balitbangtan Maluku menyampaikan bahwa, tujuan dan sasaran kegiatan penyusunan laporan keuangan ini adalah : (1). Menginventarisasi data dan konsolidasi penyusunan laporan keuangan semester II tahun 2016 dari masing-masing satker, (2). Para operator pada khususnya meningkatkan keterampilan pengelolaan laporan keuangan dan perlengkapan dalam operasionalisasi software terutama menyangkut SIMAK BMN (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara). Output yang diharapkan pada kegiatan ini yaitu para peserta/operator mampu dalam menyusun laporan keuangan yang akuntabel serta ketepatan dalam menyusun laporan keuangan sehingga mendapatkan opini dari auditor yang lebih baik dari sebelumnya, serta mencari solusi dari masalah-masalah yang dihadapi baik di tingkat satker maupun di sekretariat terkait penyusunan keuangan, tutur beliau.

Sebagai Penutup, Kasubbag Akuntansi dan Verifikasi Ditjen Tanaman Pangan yang mewakili Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementan, Bapak Ugi Sugiharto, SIP, MM menyampaikan arahannya bahwa sudah terbit Permentan 70 tahun 2016 dimana perlakuan untuk pengeluaran pencatatan 526 cukup antara kelompok tani, penyedia dan dinas, sedangkan untuk transfer uang tidak perlu dicatat dineraca, artinya pada tahun 2016 tidak ada alasan lagi saldo 526 muncul di neraca, dan juga menginstruksikan kepada seluruh satker lingkup kementan untuk melakukan stock opening persediaan. Di akhir sambutannya beliau menyebutkan pada evaluasi penyusunan laporan keuangan PD II triwulan III masih terdapat beberapa kendala yang berpotensi akan menghambat pencapaian pada setiap satker, yaitu (1). Masih banyak satker inaktif di Kementerian Pertanian berdasarkan data E-record 2016, (2). Belum selesainya proses pengalihan aset Ex Dirjen PPHP. Oleh karena itu Kementerian Pertanian bertekad meningkatkan kualitas workshop konsolidasi penyusunan di 33 Provinsi, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 tahap dengan melibatkan seluruh stakeholder dibidang pelaporan keuangan baik di pusat maupun didaerah, didukung penuh oleh ITJEN dengan menurunkan segenap tenaga auditornya dalam upaya melakukan verifikasi dan review bersama. “Maka dari itu Kementerian pertanian mengucapkan penghargaan serta apresiasi atas sinergi tersebut, dan juga pelaksanaan proses verifikasi dan review laporan keuangan tingkat satker harus dilakukan lebih baik dan lebih optimal, dan juga kami mengajak semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan untuk menaruh perhatian yang lebih serius dalam pelaksanaan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian dengan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” sebagaimana harapan kita bersama, tutup beliau. TNA