• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • (0911) 322664

Pendampingan Kawasan Hortikultura Bawang Merah Kota Ambon Pada Poktan Taeno Baru

Tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu komoditas sayuran dataran rendah, berasal dari Syria dan telah dibudidayakan semenjak 5.000 tahun yang lalu. Bawang merah merupakan tanaman semusim, memiliki umbi yang berlapis, berakar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi bawang merah terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi. Umbi terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Tanaman ini dapat ditanam di daratan rendah sampai daratan tinggi yang tidak lebih dari 1200 m dpl.

 

Kegunaan utama bawang merah adalah sebagai bumbu masak. Meskipun bukan merupakan kebutuhan pokok, bawang merah cenderung selalu dibutuhkan sebagai pelengkap bumbu masak sehari-hari. Kegunaan lainnya adalah sebagai obat tradisional (sebagai kompres penurun panas, diabetes, penurun kadar gula dan kolesterol darah, mencegah penebalan dan pengerasan pembuluh darah dan maag) karena kandungan senyawa allin dan allisin yang bersifat bakterisida.

 

            Salah satu kegiatan BPTP Balitbangtan Maluku terkait dengan bawang merah adalah  Pendampingan Kawasan Hortikultura Bawang Merah yang dilakukan di Kota Ambon. Pendampingan Kawasan Hortikultura Bawang Merah di Kota Ambon dilakukan di Desa Rumahtiga Dusun Taeno kelompoktani Taeno Baru dengan petani kooperator Rahman. Adapun pelaksanaan kegiatan pendampingan yang telah dilakukan adalahKoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi, Koordinasi dengan Dinas Pertanian  Kota Ambon, penentuan petani kooperator, dan Focus Group Discussion. Adapun materi FGD yang telah dilakukan pada tanggal 10 Mei adalah metode penanaman bawang merah.

         

Penanaman

  • Sebelum penanaman, terlebih dahulu lahan diolah, dicangkul dan dibuat bedengan dengan lebar 1 m, panjang disesuaikan dengan kondisi lahan, tinggi bedengan 30 cm, jarak antar bedengan 60 cm. Kemudian tanah diatas bedengan digemburkan. Pupuk kandang disebar diatas lapisan olah dan diaduk merata 1 minggu sebelum tanam.
  • Varietas bawang merah yang digunakan pada kegiatan pendampingan adalah Varietas Bima Brebes dengan umur simpan > 2 bulan
  • Luas demplot kegiatan : 3 are
  • Sebelum penanaman, dilakukan pemotongan ujung umbi bawang merah sebesar 0,5 cm, dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman (memecah masa dormansi/masa istirahat bibit).
  • Perlakuan bibit sebelum ditanam : rendam bibit umbi dalam cairan Dithane M-45 dengan dosis 10 sendok makan /liter air selama 15 menit
  • Pada bedengan yang telah siap, buat jarak tanam 20 cm x 20 cm
  • Penanaman dilakukan dengan cara membenamkan seluruh umbi ke dalam tanah

 

 

by Maryke J. Van Room