• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • (0911) 322664

Prodising Seminar Nasional Ambon Tahun 2016

Kedaulatan pangan telah menjadi target pembangunan pertanian nasional, dan untuk mencapai target tersebut  pemerintah  meluncurkan  berbagai  program  dan kebijakan  yang implementasinya disesuaikan dengan kondisi spesifik lokasi. Seminar Nasional yang diinisiasi BPTP Maluku sebagai Unit Kerja Badan Litbang  Pertanian  ini merupakan  salah satu implementasi  hilirisasi  inovasi teknologi berlandaskan kondisi spesifik lokasi mendukung kedaulatan pangan.

Seminar  Nasional  dengan  tema ―Membangun  Kedaulatan  Pangan  pada Lahan Sub Optimal Melalui Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi‖ yang dilaksanakan di Ambon tanggal 12 – 13 Oktober 2016, bertujuan  untuk mengkomunikasikan  inovasi teknologi  spesifik lokasi mendukung kedaulatan pangan kepada pengguna,  dan untuk mendapatkan umpan balik bagi penyempurnaan kegiatan penelitian dan pengkajian di masa mendatang.

Acara Seminar Nasional yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku, dengan sambutan dari Kepala Badan Litbang Pertanian dan Rektor Universitas Pattimura, diikuti perwakilan dari unsur-unsur: Muspida Provinsi Maluku, DPRD Provinsi Maluku, Universitas  Patimura,  Universitas  Darussalam, Universitas  Kristen Indonesia  Maluku,  Kepala Dinas, Kepala Badan, Balai Riset dan Standardisasi Industri Ambon serta Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) dan peneliti serta penyuluh lingkup Badan Litbang Pertanian dari beberapa BPTP seluruh Indonesia, dengan total 331 orang.

Makalah yang dipersentasikan sebanyak  131  judul, yang terbagi atas makalah utama dan makalah penunjang. Prosiding ini memuat naskah yang sudah dipresentasikan dan telah melalui proses penyuntingan oleh tim editor yang melibatkan pakar dari Universitas Patimura, peneliti senior dari BBP2TP dan BPTP Maluku.Semoga hasil seminar yang dirangkum dalam prosiding ini  memberikan  manfaat bagi pengembangan pertanian menuju kemandirian pangan dan kedaulatan pangan.

Prosiding Seminar tersebut bisa diunduh atau dibaca pada tampilan dokumen di bawah ini:

link download prosiding