Pengelolaan Sumberdaya Genetik di IP2TP Makariki

Sumber daya genetik tanaman untuk pangan dan pertanian merupakan bahan yang dapat dimanfaatkan secara langsung atau tidak langsung untuk mendukung ketahanan pangan.  Pemanfaatan langsung sumber daya genetik tanaman berupa budidaya langsung untuk memenuhi kebutuhan tanpa memerlukan perbaikan tanaman melalui pemuliaan. Pandemic Covid 19 tidak menghalangi Tim SDG dalam Upaya untuk tetap menjaga kelestarian Kebun SDG yang berada di IP2TP Makariki Kabupaten Maluku Tengah maka Tim SDG melakukan kegiatan Pemeliharaan meliputi pembersihan, pemupukan dan pengaman tanaman dan pembuatan pagar agar tanaman yang ada di kebun koleksi SDG tidak dirusaki oleh Sapi dan pengaman terhadap orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Sumber daya genetik tanaman merupakan kekayaan negara yang tidak ternilai harganya. Keberadaan sumber daya genetik tanaman tersebar di berbagai tempat di Indonesia.  Untuk keperluan pelestarian dan pemanfaatan sumber daya genetic tanaman, maka keberadaan keanekaragaman dan potensinya mutlak harus dipertahankan. Dalam upaya untuk tetap melestarikan tanaman maka di kebun koleksi di tanam 10 anakan kelapa varietas genjah Nila, 10 anakan tanaman kelapa varietas genjah bali dan 10 anakan kelapa dalam Tengah, pala hutan dan cengkeh Tuni.       

Sumber daya genetik tanaman merupakan sumber utama bagi kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung. Sumber daya genetik tanaman perlu segera diamankan dari erosi genetik dan kepunahan.