Kunjungan Anggota DPR RI Komisi IV ke BPTP Balitbangtan Maluku

Bertempat di ruang Rapat, BPTP Balitbangtan Maluku melakukan pertemuan dengan Anggota Komisi IV DPR RI (Saadiah Uluputty, ST) yang mempunyai tugas di bidang Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kelautan pada Senin, 26 April 2021.

Maksud kunjungan Komisi IV DPR RI dalam rangka menyerap aspirasi, mendengar  masukan dan persoalan-persoalan yang dihadapi pada masing-masing Balai UPT Pusat yang ada di Maluku agar menjadi suatu bahan masukan dalam perjuangan bersama membangun Indonesia khususnya Maluku

Adapun bentuk pertemuan adalah, tatap muka langsung dengan tetap memperhatikan  protokol kesehatan dalam upaya menangkal tersebar virus covid 19. Dalam pertemuan tersebut Kepala BPTP Balitbangtan Maluku (Dr. Ir. Abd Gaffar, M.Si) menyampaikan tugas dan fungsi BPTP Balitbangtan Maluku yang merupakan UPT Badan Litbang Pertanian  yang ada di daerah melaksanakan tugas Perakitan, Pengkajian, Pengembangan dan Diseminasi teknologi Pertanian Spesifik lokasi yang tepat guna. Disampaikan pula jumlah SDM yang ada di BPTP Balitbangtan Maluku serta tugas utama untuk melaksanakan pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian bekerjasama dengan Stakeholder terutama petani sebagai pelaku utama pada bidang pertanian.

Selanjutnya Ibu Saadiah Uluputty, ST menyampaikan bahwa sesuai dengan tugas Komisi IV DPR RI yang membidangi salah satu bidang Pertanian melihat bahwa perkembangan pertanian di Maluku terutama komoditas Cengkeh, Pala perlu di kembangkan atau dibudidayakan karena merupakan tanaman spesifik lokasi disamping tanaman lain seperti Kelapa, tanaman Hortikultura dan tanaman Pangan. Penguatan Riset dan Inovasi teknologi pertanian melalui Hilirisasi inovasi hasil Badan Litbang Pertanian menjadi salah satu kegiatan strategi pembangunan dalam upaya pengembangan pertanian  dan menjadi nilai tambah produk/komonitas pertanian yang dapat dinikmati oleh petani di Maluku bahkan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di bidang pertanian.

Harapan agar BPTP Balitbangtan Maluku yang merupakan UPT Pusat di daerah dengan segala kemampuan baik SDM maupun inovasi teknologi serta pengalaman dalam melakukan pengkajian dan pengembangan serta diseminasi terhadap teknologi tepat guna spesifik lokasi di Maluku, sehingga melalui informasi dan pemetaan wilayah sesuai keunggulan produk pertanian akan memberikan motivasi kepada petani tentang adanya nilai tambah produk pertanian sekaligus dapat menciptakan lapangan kerja di bidang pertanian.